Mengulas tentang ragam fakta, peristiwa, cerita, ilmu pengetahuan, tips, artikel, photo, semua unik dan fenomenal.

Fakta-Fakta Tentang FIFA World Cup 2010

World Cup 2010 baru saja berlangsung kemarin tanggal 11 Juni 2010 di Afrika Selatan, dan direncanakan akan berakhir tanggal 11 Juni 2010 mendatang. Banyak hal menarik yang bisa kita simak dari kegiatan World Cup 2010 ini. Berikut ini adalah catatan-catatan tentang World Cup 2010. Mungkin sebagian sudah Anda ketahui. Tetapi saya yakin, banyak yang tidak Anda ketahui :

World Cup 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan, adalah turnamen sepak bola dunia ke 19 yang diadakan oleh FIFA. Pertandingan sepak bola internasional sendiri pertama berlangsung tahun 1872 di Glasgow, antara Scotlandia melawan Inggris. Sedangkan World Cup pertama yang dikoordinir oleh FIFA berlangsung di Uruguay tanggal 13 - 30 Juli 1930. Dalam pertandingan yang diikuti 13 tim (7 dari negara Amerika Selatan, 4 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara) dan berlangsung di Montevideo itu, Uruguay memenangkan pertandingan setelah mengalahkan Argentina di babak Final dengan skor 4 - 2.

Lucien Laurent (10 Desember 1907 - 11 April 2005) - gelandang kanan Perancis - merupakan orang yang mencetak gol pertama dalam World Cup Pertama tahun 1930.

World Cup pertama kali menggunakan maskot tahun 1966, saat pertandingan diadakan di Inggris. Maskot pertama yang digunakan bernama World Cup Willie (maskot Singa, yang merupakan simbol Inggris, mengenakan pakaian bergambar bendera Inggris bertulisan "World Cup").

Sedangkan World Cup 2010 menggunakan maskot Zakumi, dan merupakan maskot ke 12 yang digunakan dalam turnamen World Cup. Zakumi adalah Singa Leopard- binatang asli Afrika Selatan - berambut hijau, bertumbuh kuning, dan berpakaian putih bertuliskan "South Afrika 2010". Namanya berasal dari "ZA" yaitu kode negara dua digit ISO 3166-1 alpha-2, dan "KUMI" yang berarti 10 dalam bahasa Afrika (menunjukkan tahun World Cup diselenggarakan).

Bola yang digunakan dalam Worl Cup 2010 diproduksi oleh Adidas dan dinamakan Jabulani, yang artinya dalam bahasa isiZulu "pembawa kebahagiaan bagi semua orang". Bola ini terbuat dari campuran ethylene-vinyl acetate (EVA) dan thermoplastic polyrethanes (TPU). Permukaan bola dibuat bertekstur namun halus, yang disebut Adidas sebagai GripnGroove, yang berfungsi meningkatkan gerakan aerodinamis bola. Saat diujicoba, banyak kiper mengakui kesulitan dalam mengantisipasi gerakan bola karena kecepatannya sangat sulit ditebak. Bola tersebut diproduksi di China,menggunakan bahan latex buatan India, bahal TPU dari Taiwan dan bahan-bahan lain dari China.

David James tercatat sebagai pemain tertua dalam kompetisi World Cup ini. Terlahir tanggal 1 Agustus1970, kiper berusia 40 tahun yang pernah menjadi Kapten klub Portsmouth di Football League Championship ini akan membela tim nasional negaranya,Inggris.

Sedangkan Christian Dannemann Eriksen (lahir : 14 Februari 1992) merupakan pemain termuda dalam World Cup 2010. Dia akan bermain sebagai penyerang tengah, membela Denmark.

Nikola Zigic - striker Serbia - merupakan pemain tertinggi di World Cup 2010. Dengan tinggi mencapai 2.02 meter, Zigic juga tercatat sebagai pemain sepak bolatertinggi di dunia saatini.

Sementara Aaron Lennon - pemain sayap yang membela negara Inggris - menjadi pemain terpendek yang akan bermain di WorldCup 2010. Tinggi pria kelahiran Chapeltown, Leeds, ini adalah 1.65 meter.

Vladimir Weiss - pelatih tim Slovakia - menjadi pelatih termuda dalam World Cup 2010, di mana usianya saat ini baru 45 tahun (lahir : 22 September 1964).

Dan Otto Rehhagel - pelatih tim Jerman - menjadi pelatih tertua dalam World Cup 2010, karena saat ini usianya sudah 71 tahun (lahir : 9 Agustus 1938).

Dejan Stankovic mencetak sejarah sebagai pemain yang pernah bermain di 3 tim nasional yang berbeda. Dalam World Cup 1998, Stankovic membela Yugoslavia, sebelum negara itu terpecah menjadi beberapa negara kecil. Di World Cup 2006, Stankovic membela Serbia Montenegro, salah satu negara pecahan Yugoslavia. Dan di World Cup 2010 ini, Stankovic membela negara Serbia, yang kini telah berpisah secara politik dengan Montenegro.

Baru dalam ajang World Cup 2010 ini terdapat beberapa orang bernama sama dalam satu tim. Vladimir Weiss - pelatih nasional Slovakia- memiliki anak bernama sama, yang secara kebetulan anaknya jugamenjadi pemain dalam tim nasional Slovakia. Dua orang pemain nasional Korea Utara bernama sama, yaitu Pak Nam Chol, juga memperkuat tim mereka. Pak Nam Chol pertama posisinya sebagai pemain belakang (bernomer punggung 14), sedangkan Pak Nam Chol kedua bermain sebagai pemain tengah (bernomer punggung 4). Dan terakhir ada 2 orang Gilberto Silva di tim Brazil. Gilberto Silva Melo berada di bek kiri (bernomer punggung 16), sedangkan Gilberto Silva di gelandang bertahan (bernomer punggung 8).